Prospek Usaha budidaya sarang burung walet

Prospek Usaha budidaya sarang burung walet

Usaha budidaya sarang burung walet - Walet merupakan burung yang sangat istimewa. mengapa?karena air liur dari burung ini mampu membuat kita kaya mendadak, ya air liur burng walet atau sering disebut juga dengan sarang burung walet ini harganya sangat mahal untuk di jual. banyak orang yang membuat gedung gedung hanya untuk tempat singgah burung walet ini. dan sekarang urusan ekonomi budidaya walet sangat banyak di gemari oleh masyarakat.

Cara Budidaya dan Ternak Burung Walet Hasil Maksimal
Cara Beternak Burung Walet di Rumah

Lalu kawasan mana yang cocok untuk membuatkan burung walet atau lokasi yang cantik untuk peternakan burung walet ini? pusat burung walet mampu anda temukan di beberapa tempat yaitu sumatera, jawa tengah, jawa timur, jawa barat.

Lalu untuk macam macam jenis burung walet yaitu

Klasifikasi burung walet ialah sebagai berikut:

  • Superorder : Apomorphae 
  • Order : Apodiformes 
  • Family : Apodidae Sub 
  • Family : Apodenae 
  • Tribes : Collacaliini 
  • Genera : Collacalia 
  • Species : Collacaliafuciphaga
Lalu apa manfaat sarang burung walet ini? sarang burung walet terbuat dari luir burung walet sendiri atau sering disebut juga dengan saliva. air luir burung walet inilah yang nantinya kita jual dengan harga mahal yang mampu digunakan untuk kesehatan. berbagai khasiat air liur burung walet  seperti menyembuhkan penyakit paru paru, panas dalam, melancarkan peredaran darah,  dan juga untukmenambah tenaga.

Cara biar walet cepat bersarang

Bagaimana lokasi yang baik untuk beternak sarang walet?

  • syarat lokasi sangkar walet adalah:
  • Dataran rendah dengan ketinggian maksimum 1000 m dpl.
  • Daerah yang jauh dari jangkauan pengaruh kemajuan teknologi dan perkembangan masyarakat.
  • Daerah yang jauh dari gangguan burung-burung buas pemakan daging.
  • Persawahan, padang rumput, hutan-hutan terbuka, pantai, danau, sungai, rawa-rawa merupakan kawasan yang paling tepat.

Menyiapkan sarana dan prasarana sarang walet

Dalam mengembangbiakn burung walet diharapkan gedung yang menyerupai gue asi dengn suhu, kelembapan, dan penerangan menyerupai gue gua asli yaitu suhu antara 24 - 26 derajat C daan kelembapan kurang lebih 80 - 95%.
anda mampu membuat kondisi gedung tersbut menajdi menyerupai gue dengan mengatur suhu dan kelembapan, caranya:
  1. Melapisi plafon dengan sekam setebal 20 cm
  2. Membuat saluran-saluran air atau bak dalam gedung.
  3. Menggunakan ventilasi dari pipa bentuk “L” yang berjaraknya 5 m satu lubang, berdiameter 4 cm
  4. Menutup rapat pintu, jendela dan lubang yang tidak terpakai.
  5. Pada lubang keluar masuk diberi penangkal sinar yang berbentuk corong dari goni atau kain berwarna hitam sehingga keadaan dalam gedung akan lebih gelap. Suasana gelap lebih disenangi walet.

Bentuk Bangaunan Gedung Untuk Ternak Walet

Gedung untuk tempat tinggal burung walet sama halnya dengan gedung biasa dengan ukuran yang besar, mempunyai luas variasi antara 10x15 m2 hingga 10x20 m2. hal yang disukai oleh burung walet ialah  tingginya wuwungan dan semakin besar jarak wuwungan dan plafon, burung walet akan semakn menyukai benruk bangunan yang menyerupai itu. dan stau lagi yang harus diperhatikan yaitu rumah sarang walet tidk boleh tertutp oleh pepohonan tinggi, harus di tempat yang terbuka.

Untuk tembok gedung rumah walet yang digunakan dibuat dari dinding berpester campuran semen. pada bab dalamnya lebih baik di buat dari campuran pasir, kapur dan semen, komposisi in sangat baik untuk mengendalikan suhu pada gedung. dan untuk menghilangkan bacin semen anda mampu menyiramkan air setiap hari.


Tempat untuk meletakan sarang burung walet yaitu di kerangka atap dan sekat kayu yang merupakan kayu kayu tua, tahan lama, tidak mudah dimakan rayap. untuk atapnya tetapdar genting, alasannya genting mampu menyerap panas sinar matahari. untuk lubang keluar masuh burung walet anda mampu membuatnya dengan ukuran 20x20 atau 20x35 cm2 yang dibuat di bab atas. dan jangal lupa untuk tidak menghadapkan dinding lubang ke arah timur. untuk warnanya anda mampu mengecatnya dengan warna hitam.

Share this:

Disqus Comments