Investasi Reksadana Inilah Mekanisme Reksadana yang Benar

Investasi Reksadana Inilah Mekanisme Reksadana yang Benar

Mata asing | Mengenal investasi Reksadana , bagi Anda yang sering melaksanakan investasi pasti tidak asing dengan reksdana ini. Apa itu reksadana? Dan bagaimana mekanisme reksadana itu? Berikut kupasan lengkap wacana reksadana.

Pengertian Reksadana

Reksadana ialah wadah serta referensi pengelolaan modal bagi beberapa investor yang akan digunakan untuk investasi dengan instrument investasi yang telah tersedia di pasar , tapi dengan melaksanakan pembelian unit penyertaan reksadana.

Secara umum , dana dari sekumpulan investor ini akan dikelola oleh manager investasi (MI) ke dalam sebuah portiofolio investasi , baik itu berupa saham , obligasi maupun pasar uang (efek/sekuriti lainnya).

Dalam undang-undang pasar modal tahun 1995 nomer 8 pasal 1 ayat 27 mengatakan , “reksadana ialah sebuah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari banyak masyarakat pemodal yang nantinya akan diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek oleh pihak manager investasi.”

Dari beberapa penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa , reksadana ialah kumpulan dana dan juga pemilik dana. Reksadana akan diinvestasikan pada efek yang dikenal sebagai instrument investasi , reksadana dikelola oleh pihak manager investasi , dan reksadana merupakan instrument investasi jangka menengah dan juga iunstrumen investasi jangka panjang.

5 Keuntungan Berinvetasi melalui Reksadana

Sebagai salah satu alternative investasi , maka reksadana juga memilki banyak manfaat atau keuntungan tersendiri bagi para investor , berikut keuntungan atau manfaat investasi reksadana.

1. Dikelola oleh pihak management investasi professional

Mekanisme reksadana , dalam pengelolaan portofolio dilaksakan oleh manager investasi yang telah mengkhususkan keahliannya dalam pengelolaan dana investasi tersebut. Sebagaimana tugas manager investasi ini sangat penting , alasannya para pemodal tidak bisa melaksanakan riset secara pribadi karena keterbatasan waktu.

2. Divertifikasi investasi

Penyebaran investasi akan terwujud dalam bentuk portofolio yang mengurangi resiko. Namun resiko tidak bisa hilang , hal ini karena dana dari reksadana akan diinvestasikan pada banyak sekali jenis efek.

3. Transaparasi informasi

Pengelolaan dana dari pihak manager investasi secara transapaaran membuat para investor lebih hening , alasannya setiap hari dalam pihak MI mengumumkan NAB (Nilai Aktiva Bersih) di surat kabar setiap hari , dan menerbitkan laporan keuangan setengah tahunan serta tahunan dan juga melaporkan prospektur teratur pada investor. Sehingga investor dimanapun berada akan bisa memonitor kemajuan investasinya.

4. Likuiditas tinggi

Untuk keberhasilan investasi , maka stiap intrumen memiliki likuiditas tinggi. Dengan begitu , pemodal dapat mencairkan kembali unit penyertaannya setiap saat.

5. Biaya rendah

Karena reksadana ini merupakan kumpulan dana dari investor , maka sejalan dengan kemampuan dalam melaksanakan investasi tersebut dapat menghasilkan pula efisiensi dalam biaya transaksi.
Selain adanya manfaat atau keuntungan dalam reksadana , namun juga ada kerugian atau resiko dari investasi reksadana tersebut.

4 Resiko investasi reksadana Yang Harus dicermati

Setelah Anda memahami keuntungan investasi reksa dana di atas , maka sebaiknya anda pahami juga resiko yang mungkin muncul dikala investasi reksa dana , Nah adapun resiko yang perlu dicermati dikala investasi reksa dana ialah sebagai berikut :

1. Menurunnya nilai aktiva bersih (NAB) pada unit penyertaan

Penurunan terjadin jawaban harga pasar dari instrument investasi yang telah dimasukkan portofolio reksadana tersebut menerima penurunan daripada pembelian awal. Banyak hal yang bisa menimbulkan penurunan harga pasar portofolio investasi reksadana , sama halnya semua tergantung harga di pasar.

2. Resiko likuiditas

Adanya potensi resiko likuiditas terjadi jikalau pemegang unit penyertaan reksadana kepada salah satu MI telah melaksanakan penarikan dana. Terlebih penarikan dana tersebut sangat besar , maka akan kuat besar pada instrument reksadana tersebut.

3. Resiko Market

Risk market merupakan situasi dimana harga instrument investasi mengalami penurunan , hal ini disebabkan oleh menurunnya kinerja pasar yang sedang bearish. Dan masih banyak lagi resiko yang diakibatkan oleh pasar.

4. Risiko default

Resiko ini terjadi jawaban dari pihak MI (manager investasi) membeli obligasi milik emiten yang telah mengalami kesulitan keuangan , padahal yang sebelumnya kinerja dari keuangan perusahaan masih baik-baik saja. Resiko ini bisa dihindari jikalau memilih manager investasi yang baik tanpa menggunakan penerapan seni administrasi pembelian portofolio investasi secara ketat.
Bagi Anda yang ingin lebih mengenal mekanisme reksadana , silahkan pahami gambar dan penjelasan dibawahnya.

Mekanisme reksadana Yang Sebenarnya

Mekanisme Reksadana yang Benar

Sebenarnya mekanisme reksadana sudah begitu terang bisa dilihat dari gambar diatas , pertama mekanisme reksadana ini berawal dari individual perorangan yang ingin berinvestasi. Para pemodal yang terdiri dari banyak sekali lapisan masyarakat bisa mengajukan modal untuk diinvestasikan di reksadana melalui bank dalam bentuk tunai/rupiah.

Selajutnya mekanisme reksadana , semua modal reksadana akan dikelola oleh manager investasi , dengan membuatkan dana tersebut dalam bentuk portofolio efek dalam beberapa jenis investasi yang meliputi pasar saham , obligasi , dan pasar uang. Kemudian terdapat kontrak kolektif dengan banyak sekali pihak setelah melaporkan semua laporan berupa penyelesaian transaksi , NAB , Penyimpanan surat berharga , unit registrasi investor dalam bank kutodian , lalu terbentuklah surat kolektif reksadana dan bisa dijadikan sebagai unit penyertaan untuk pemodal.

Rekomendasi 5 Produk Reksadana Terbaik Saat ini

  1. Schroder Dana Prestasi Plus
  2. Mandiri Global Sharia Equity Dollar
  3. Dana Ekuitas Andalan
  4. Batavia Dana Saham
  5. Manulife Saham Andalan
Itulah mekanisme reksadana yang bisa Anda pahami , dan juga bisa Anda coba untuk mewujudkan investasi masa depan Anda. Semoga bermanfaat , tinggalkan komentar untuk mengetahui lebih detail lagi.

Share this:

Disqus Comments