PROSES JUAL BELI TANAH SECARA LEGAL DAN AMAN

PROSES JUAL BELI TANAH SECARA LEGAL DAN AMAN

Mata asing | Proses jual beli tanah selama ini mungkin bukan merupakan pengetahuan yang anda butuhkan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan anda akan membutuhkannya suatu dikala nanti. Penjualan tanah mampu menunjukkan keuntungan yang banyak dan anda juga mampu menerima uang yang lumayan ketika anda misalnya membutuhkan uang banyak dalam waktu singkat. Jika kemudian anda memang memiliki naluri dalam urusan ekonomi ini maka ada kemungkinan juga anda kemudian akan mulai melaksanakan urusan ekonomi jual beli tanah. Keuntungan yang mampu didapat dari urusan ekonomi tanah dan properti biasanya lumayan tinggi terutama ketika anda jeli melihat peluang.


Jenis urusan ekonomi yang satu ini seringkali digabungkan dengan jenis jual beli properti juga. Ada banyak kasus ketika pada tanah yang bersangkutan misalnya ada bangunan , maka kategorinya sudah masuk pada kategori properti. Tentu saja kemudian ada perhitungan pemanis yang harus dilakukan dalam kasus semacam itu. Proses penjualan itu sendiri semoga tidak menyebabkan problem dengan hukum di suatu dikala nanti maka ia harus diselesaikan dengan cara yang benar dan legal. Ada beberapa peraturan yang secara praktis harus dilaksanakan ketika anda akan melaksanakan penjualan ataupun pembelian tanah.

Praktek Legal Jual Beli Tanah


Proses jual beli tanah
Praktek jual beli tanah ini sangat sederhana sebenarnya. Secara umum yang harus diurus yakni banyak sekali surat-surat yang berkaitan dengan pemindahan kepemilikan tanah itu sendiri. Maka hal pertama yang harus anda lakukan sebagai adegan dari proses jual beli tanah yakni membuat sertifikat jual beli. Akta jual beli ini hanya mampu dibuat ketika posisi anda sebagai penjual misalnya memang memiliki sertifikat tanah itu sendiri yang sah. Dengan demikian , usahakan bahwa anda selalu memiliki sertifikat tanah yang asli pada tanah mana pun yang anda miliki semoga prosesnya menjadi mudah diselesaikan tanpa ada hambatan.

Selain harus memiliki sertifikat tanah yang asli , maka anda juga harus memiliki kartu tanda penduduk yang berlaku. Tentu ini merupakan syarat yang sangat mudah dipenuhi. Dalam praktek langkah ini juga anda harus tahu bahwa ada pajak penghasilan yang ditanggung penjual. Besarnya yakni sebesar lima persen. Untuk penjualan tanah yang dilakukan dengan sistem cicil maka akan ada penentuan batas sesuai dengan akad mengenai pelunasannya. Perlu dicatat juga bahwa ketika tanah yang akan dijual itu merupakan tanah yang sedang dalam sengketa , maka anda tak mampu menjualnya alasannya anda juga tak mampu membuat sertifikat jual beli meskipun anda memiliki sertifikat yang asli misalnya.

Asalkan semua berkas yang diharapkan dari mulai sertifikat asli tanah , kartu tanda penduduk , dan pajak penghasilan sudah diselesaikan , maka proses jual beli tanah tidak akan memakan waktu yang lama. Prosesnya sangat simpel dan mudah dilakukan. Anda sebagai penjual kemudian akan menerima nama anda dicoret dan diganti dengan nama pembeli. Ketika sertifikat jual beli sudah didapatkan , maka proses jual beli itu sendiri sudah resmi diselesaikan.

Share this:

Disqus Comments